Penjelajahan Samudra Bangsa Spanyol dan Penjajahannya di Indonesia

Penyebab Dilakukannya Penjelajahan Samudra

Para pedagang dari eropa terutama berasal Italia dan Ynani membawa barang dagangan berupa rempah-rempah serta sutera asal bahari tengah. Komoditas tadi dibawa ke Venesia atau Genoa lewat Pegunungan Alpen terus menuju ke pasaran eropa barat. Akan tetapi ada juga yang melalui para pedagang Portugis dan  Spanyol yang aktif berdagang pada laut tengah. Para pedagang dari Portugis serta Spanyol sesudah mendapat rempah-rempah serta sutera berasal kota-kota dagang pada bahari tengah mirip Bizantium (Constantinopel), Roma, Venesia, Venoa, Aleksandria (Iskandariah) dan  Allepo, kemudian dibawa kepasaran eropa barat, seperti Lisabon

Peta Penjelajahan Bangsa Spanyol
Perdagangan global baik melalui jalur sutera maupun jalur rempah-rempah asal global timur (termasuk asal Indonesia), akan bermuara pada bahari tengah. Bahari tengah adalah sebuah Island Sea (bahari pedalaman) yang secara geografis terletak strategis, sebelah barat dan utara membentang daerah eropa, pada sebelah timur terhampar daratan asia serta di bagian selatan merupakan pesisir Afrika Utara.

Dari Lisabon dibawa ke eropa utara sang para pedagang Inggris serta Belanda.  Dengan demikian rempah-rempah yang berasal berasal Indonesia telah sebagai komoditi yang menghubungkan antara kota dagang serta antara para pedagang dari asia dan eropa. Rempah-rempah itu sangat dibutuhkan pada eropa sebagai obat, pengawet kuliner serta bumbu masakan.
             
Ramainya perdagangan pada bahari tengah, terganggu selama dan selesainya berlangsungnya perang salib (1096-1291). Pada tambah dengan jatuhnya kota Constantinopel (Bizantium) di tahun 1453 ke tangan Turki Usmani yang notabene Islam. Maka berakhirlah kerajaan romawi timur dan bisa dikatakan kegiatan perdagangan antara orang eropa dan asia terputus.
   
Sultan Muhammad II, penguasa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang eropa beroperasi pada daerah kekuasannya. Barang-barang yang sangat diperlukan sang orang-orang eropa, terutama rempah-rempah  sebagai berkurang di pasaran eropa.

Perang salib berlangsung 200 tahun lebih asal tahun 1096 hingga 1291. Berawal asal pernyataan perang Paus Urbanus II (1095) buat merebut kota suci Yerusalem di timur tengah dari kekuasaan bangsa Turki seljuk. Tentara salib berasal eropa terdiri atas para biarawan, bangsawan, masyarakat dan  budak belian. Mereka memakai lencana salib dibahunya sehingga perang itu dianggap perang salib.
         
Orang-orang eropa atau bangsa barat menghadapi kendala krisis komoditi perdagangan khususnya rempah-rempah, berusaha keras mencari Sumbernya menggunakan melakukan penjelajahan samudra. Faktor-faktor lain yang mendorong bangsa barat menjelajah samudra di akhir abad ke-16 diantaranya :

  1. Inovasi Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bundar mirip bola, mentari merupakan sentra asal seluruh benda-benda antariksa. Bumi serta benda-benda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teoriheliosentris).
  2. Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan menjadi tindak lanjut perang salib, terhadap kekuasaan islam dimanapun yang dijumpainya
  3. Semangat gospel, yaitu semangat buat membuatkan agama nasrani.
  4. Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau wilayah jajahan.
  5. Semangat gold, yaitu semangat buat mengeruk kekayaan.
  6. Perkembangan teknologi kemaritiman dimana keberadaan kapal-kapal laut yang akbar memungkinkan pelayaran dan  perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.
  7. Adanya sarana pendukung mirip kompas, teropong, mesiu dan peta yang menggambarkan secara lengkap serta seksama garis pantai, terusan dan  pelabuhan.
  8. Adanya buku imago mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).
  9. Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju campa yang sempat singgah di Jawa di abad ke-14. Ordoric melaporkan sekilas mengenai kebesaran Majapahit.

Marco Polo merupakan saudagar berasal Venesia, beserta ayahnya nicolo polo serta pamannya maffeo polo mengunjungi china (1271-1292) dengan menelusuri jalur sutera. Waktu itu china  diperintah sang kubilai khan ( pengganti ayahnya,jenghis khan ). Pulang asal china memakai kapal khan agung melalui jalur laut singgah pada pelabuhan perlak ( 1292 ).

Pelayaran Bangsa Spanyol

Christopher Columbus
Pada tanggal 3 agustus 1492, christopher columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah pada global timur. Berdasar pengetahuan bahwa global ini bulat, bermaksud mencapai daerah hindia timur dari arah barat. Bermodal tiga butir kapal yg bernama pinta, nina serta maria, menggunakan awak 88 orang pelaut menjadi pemberian  berasal ratu issabella penguasa spanyol, bertekad menyebrangi  samudra atlantik.Sesudah berlayar lebih asal 2 bulan mengarungi samudra atlantik, sampailah columbus di kepulauan bahama di karibia. Beliau merasa sudah hingga di kepulauan hindia timur yg adalah sumber rempah-rempah. Dia menamai penduduk orisinil di tempat itu menjadi indian. Selanjutnya kepulauan bahama dikenal menjadi hindia barat.

Christopher Colombus
Columbus beserta seseorang penyelidik bernama amerigo vespucci berlayar antara tahun 1492-1504 terhitung 4 kali:

  1. Tahun 1492-1493 hingga pada kepulauan bahama, cuba serta hispaniola
  2. Tahun 1493-1496 hingga pada puerto rico dan  jamaica
  3. Tahun 1498-1500 berlayar sepanjang pantai utara amerika selatan
  4. Tahun 1502-1504 hingga di pantai central amerika

Mereka menemukan benua baru yg diberi nama amerika. Jadi penemu benua amerika ialah Christophorus Columbus.

Amerigo vespucci merupakan seorang italia yang bekerja buat spanyol, mencatat segala sesuatu yg dipandang serta dialami pada daerah orang indian itu. Catatan amerigo vespucciini hingga ke tangan seseorang professor ilmu bumi pada universitas st. Die pada jerman yg bernama martin waldseemuller. Melalui professor inilah wilayah yang adalah benua itu diberi nama amerika, mengambil nama  amerigo vespucci.

Sejak columbus menemukan benua amerika, menyusul pelaut-pelaut spanyol, seperti Cortez, menduduki mexico di tahun 1519 menggunakan menakhukkan suku indian yaitu kerajaan aztec dan  suku maya pada yucatan. Pizzaro, di tahun 1530 menaklukkan kerajaan indian pada peru yaitu suku inca.

Ferdinand Magelhaens (Magellan)
Pada lepas 10 agustus 1519, magelhaens (magellan, keturunan portugis) menggunakan 5 butir kapal berawak 250 orang, berlayar ke barat mengikuti jejak columbus. Magelhaens didampingi  Capt juan sebastian del cano ( sebastian ecano) serta seorang penulis berasal italia yg bernama pigafetta. Penulis inilah yg mengisahkan bepergian magelhaens-del cano mengelilingi dunia yg menunjukan bahwa bumi itu bulat seperti bola.

Ferdinand Magelhaens
Di tahun 1520, selesainya menyeberangi samudra pasifik, sampailah rombongan magelhaens pada kepulauan massava. Kepulauan ini lalu diberi nama filipina, mengambil nama raja spanyol, philips ii. Rombongan magelhaensmendirikan batu peringatan dan  menjamin sebagai daerah kekuasaannya.Magelhaens juga berbagi agama katolik dan  berhasil menggaet raja cebu. Dalam suatu pertempuran melawan orang mactan, magelhaens gugur  (27 april 1521). Akibat insiden itu rombongan bergegas meninggalkan filipina di pimpin olehsebastian del cano, menuju kepulauan maluku. Tersisa tinggal 2 kapal, yaitu victoriadan trinidad menggunakan awak kapal 17 orang,  berhasil memborong rempah-rempah pada maluku kemudian melanjutkan perjalanan pulang menuju spanyol lewat tanjung asa. Kapal victoria berhasil hingga pada spanyol (6 september 1522 ) sedang kapaltrinidad dirampas portugis pada tengah jalan.

Magelhaens diklaim menjadi orang besar  dalam global pelayaran. Raja spanyol memberi hadiah sebuah tiruan bola bumi. Pada tiruan bola bumi itu dililitkan pita bertuliskan ‘ engkaulah yang pertama kali mengetahui diriku’.

Karakteristik Penjajahan Spanyol

Spanyol menjajah indonesia hanya sementara karena mereka lebih memfokuskan kekuasaannya pada philipina, walaupun hanya sementara tetapi termasuk bangsa yg pernah menduduki indonesia.

Sinkron menggunakan hasil perjajnjian tordesislas bahwa spanyol mendapat bangian daerah barat, rombongan kapal spanyol bertolak berasal negerinya menuju ke arah barat di bawah pimpinan magelhaen. Setelah melintasi samudra atlantik, mereka tiba pada amerika selatan. Sehabis melintasi samudra pasifik, datang pada philipina. Magelhaen sendiri tewas pada perang dengan penduduk pulau cebu di philipina, tetapi rombongannya meneruskan bepergian ke maluku dan  tiba di tidore tahun 1521.

Waktu itu tidore dipimpin oleh sultan al-mansur, rombongan spanyol ini disambut baik sang sultan tidore menggunakan ramah tamah. Hal ini ditimbulkan tidore sedang berselisih menggunakan ternate, maka tidore mencari dukungan mirip halnya ternate didukung portugis. Namun akhirnya ke 2 bangsa ini mengadakan konvensi dan  yang akan terjadi konvensi portugis memperoleh maluku, sedangkan spanyol memperoleh filipina, maka mundurlah spanyol dari maluku serta memutuskan perhatiannya pada philipina.

Proses masuknya bangsa spanyol ke indonesia

Portugis serta spanyol merupakan tumpuan kekuatan gereja katholik roma memperluas wilayah yg dilakukan kesultanan ottoman pada mediterania di abad ke-xv. Selain itu portugis dan  spanyol jua tempat pengungsian pengusaha serta energi-tenaga terampil asal konstantinopel ketika dikuasai kesultanan ottoman dari turki di 1453. Pemukiman tersebut menyertakan alih pengetahuan ekonomi serta maritim di eropa selatan. Semenjak itupun portugis serta spanyol menjadi adikuasa pada eropa. Alih pengetahuan diperoleh berasal pendatang asal konstantinopel yg memungkinkan bagi kedua negeri hispanik itu melakukan perluasan daerah-daerah baru diluar daratan eropa serta mediterania. Target utama artinya asia-timur dan  asia-tenggara. Mulanya perluasan daerah antara kedua negeri terbagi dalam perjanjian tordisalles, tahun 1492. Portugis kearah timur sedangkan spanyol ke barat. Masa itu belum terdapat ilustrasi bahwa bumi itu bundar . Baru disadari waktu kapal-kapal layar ke 2 belah pihak bertemu di perairan laut sulawesi. Kenyataan ini juga menjadi penyebab terjadi proses reformasi gereja, sebab tidak semua yg menjadi "fatwa" gereja artinya undang-undang, hingga citra kekuasaan paus menjadi penguasa dan  wakil dewa pada bumi dan  sistem pemerintahan sempurna theokratis ambruk. Keruntuhan ini terjadi menggunakan keluarnya gereja protestan rintisan martin luther dan  calvin pada eropa yang kemudian menyebar pula ke banyak sekali koloni eropa pada asia, afrika serta amerika.

Asal konvensi tordisalles itu, portugis menelusuri dari pesisir pantai afrika dan  lautan hindia. Sedangkan spanyol menelusuri samudera  atlantik, benua amerika selatan dan  melayari lautan pasifik. Rendezvous terjadi saat kapal-kapal spanyol pimpinan ferdinand maggelan menelusuri pasifik serta tiba di pulau kawio, kumpulan kepulauan sangir dan  talaud di laut sulawesi di 1521. Buat mencegah persaingan di perairan bahari sulawesi serta maluku utara, kedua belah pihak memperbarui jalur lintas melalui perjanjian saragosa di tahun 1529. Perjanjian tersebut membagi daerah menggunakan melakukan batas garis tujuhbelas derajat lintang timur di perairan maluku utara. Namun dalam perjanjian tadi,
             
 Spanyol merasa dirugikan sebab tidak meraih lintas niaga dengan kumpulan kepulauan pembuat rempah-rempah. Buat itu mengirimkan ekspedisi menuju pasifik barat pada 1542. Pada bulan februari tahun itu 5 kapal spanyol menggunakan 370 awak kapal pimpinan ruy lopez de villalobos menuju perpaduan pasifik barat berasal mexico . Tujuannya buat melakukan ekspansi daerah serta sekaligus memperoleh konsesi perdagangan rempah-rempah di maluku utara.

Asal pelayaran ini villalobos mendarat digugusan kepulauan utara disebut filipina, pada ambil dari nama putera raja carlos v, yakni pangeran philip, ahli waris kerajaan spanyol. Sekalipun filipina tidak menghasilkan rempah-rempah, namun kedatangan spanyol digugusan kepulauan tersebut menyebabkan protes keras berasal portugis. Karena sebab perpaduan kepulauan itu berada di bagian barat, di lingkungan daerahnya. Walau mengkonsentrasikan perhatiannya pada amerika-tengah, spanyol tetap menghendaki konsesi niaga rempah-rempah maluku-utara yang pula ingin didominasi portugis. Tetapi spanyol terdesak oleh portugis sampai wajib  mundur ke filipina. Akibatnya spanyol kehilangan dampak di sulawesi utara yang sebelumnya menjadi kantong ekonomi dan  menjalin korelasi menggunakan warga  minahasa.

Pergerakan mengusir penjajahan versus spanyol

Minahasa juga pernah berperang menggunakan spanyol yang dimulai tahun 1617 serta berakhir tahun 1645. Perang ini dipicu oleh ketidakadilan spanyol terhadap orang-orang minahasa, terutama dalam hal perdagangan beras, menjadi komoditi utama waktu itu. Perang terbuka terjadi nanti pada tahun 1644-1646. Akhir asal perang itu ialah kekalahan total spanyol, sehingga berhasil diusir sang para waranei (ksatria-ksatria minahasa).

Akibat spanyol bagi ekonomi indonesia

Diplomasi para pemimpin pemerintahan walak mendekati belanda berhasil mengusir spanyol dari minahasa. Tetapi konsekwensi yang wajib  dialami adalah rintisan jalur niaga laut di pasifik akibat rintisan spanyol sejak abad ke-17 terhenti dan  memengaruhi perekonomian sulawesi utara. Sebab jalur niaga ini sangat bermanfaat bagi penyebaran komoditi eskpor ke pasifik. Semenjak itupun pelabuhan manado menjadi sepi serta tidak berkembang yang turut memengaruhi pengembangan daerah indonesia bagian timur hingga pasifik barat daya. Dilain pihak, pelabuhan manado hanya sebagai persinggahan jalur niaga asal selatan (berpusat di surabaya, tanjung priok yg dibangun sang belanda semenjak abad ke-xviii) ke asia-timur melalui lintasan selat makassar. Itupun hanya digunakan musiman waktu laut cina selatan tidak di landa gelombang ganas bagi kapal-kapal. Sedangkan seluruh jalur niaga asia-timur dipusatkan melalui laut cina selatan, selat malaka, samudera  hindia, tanjung asa atlantik-utara yg adalah sentra perdagangan dunia.
Menjadi akibatnya kegiatan korelasi ekonomi diseputar bahari sulawesi secara eksklusif menggunakan global luar praktis terlantar. Sebab penyaluran semua komoditi diseluruh kumpulan nusantara melulu diatur oleh batavia yang mengendalikan semua jaringan rapikan-niaga dibawah kebijakan satu pintu. Penekanan ini membawa derita berkepanjangan bagi kegiatan usaha penduduk pedalaman minahasa.

Akibat Penjelajahan Samudra

Akibat penjelajahan samudra dan  penemuan daerah baru yakni berupa sisi positif dan  negatif, sisi postifnya antara lain yakni adanya uji coba terhadap kebenaran suatu ilmu pengetahuan. Mirip pembuktian terhadap kebenaran bumi bulat serta penerapan ilmu-ilmu navigasi serta maritim yang berguna bagi global  pelayaran hingga saat ini, berkembangnya kepercayaan  katolik dan  protestan. Di berbagai belahan global. Yg di bawa serta disebarkan sang para penjelajah serta penemu wilayah baru ( gospel ). Dan  berubanya pola perdagangan yang semula bersumber pribadi asal wilayah berasal menjadi sistem perdagangab transito yang menyebabkan berbaurnya kebudayaan lokal dengan kebudayaan yang baru atau asing yang dibawa oleh para pejelajah samudra terserbut.

Tetapi semua sisi baik atau positif tersebut tidak terbayar mahal dengan sisi negatif yang disebabkan sang penjelajahan samudra serta inovasi daerah baru tadi segi negatifnya yakni kebencian terhadap kaum muslim. Dilandasi semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan islam di mana pun yg dijumpainya menjadi tindak lanjut berasal perang salib. Selain itu dampak atau sisi negatif lain asal penjelajahan serta penemuan wilayah baru yakni adanya suatu faham yg berkembang serta cenderung menyimpang yakni kolonialisme serta imperialisme dimana pengertiannya bahwa  kolonialisme merupakan suatu perjuangan buat melakukan system permukiman rakyat dari suatu negara diluar daerah negara induknya atau negara Sumbernya.Sedangakan imperialisme sendiri artinya perjuangan memperluas daerah kekuasaan atau jajahan buat mendirikan imperium atau kekaisaran. Atau secara implisit bisa diartiakan menjadi sebuah penjajahan yang dilakukan oleh bangsa barat terhadap bangsa atau wilayah baru yg sudah ditemukan bahkan dikuasainya baik secara moril ataupun materil atau kekayaan dan  eksploitasi terhadap kekayaan alamnya. Menggunakan semboyan glory dan  goldnya. Disamping monopoli perdagangan yang diterapkanya.

Hal-hal tadi diatas ialah model dan  akibat serta dampak yg disebabkan oleh penjelajahan samudra serta penemuan wilayah baru yang dilakukan oleh bangsa-bangsan barat baik portugis, spanyol, belanda juga inggris

Dampak berasal penjajahan dalam berbagai bidang

Penjajahan sangat berpengaruh besar  terhadap peri kehidupan bangsa indonesia di aneka macam bidang kehidupan, khususnya penderitaan akibat penjajahan belanda yg hampir 350 tahun lamanya serta penjajahan jepang kurang lebih 3,lima tahun. Akibatnya diantaranya :

Bidang ekonomi
Penjajahan memporak-porandakan tatanan ekonomi bangsa indonesia yang semula tersusun rapi sesuai kesepakatan  antara penguasa menggunakan rakyatnya. Pernyataan ini diungkapkan menggunakan asumsi bahwa sebelum kedatangan bangsa barat, bangsa indonesia hidup pada suasana kekeluargaan dibawah kepemimpinan seseorang raja, pemangku istiadat, dll.
Dampak yang paling nyata merupakan setelah diberlakukannya aplikasi tanam paksa bagi indonesia menimbulkan kemiskinan, kesengsaraan dan  kelaparan yg menimpa petani. Hal ini dikarenakan sang beban pajak, panen yang gagal, kerja rodi yg jalan terus.

Bidang politik dan ideologi
Bidang politik dan  ideologi pun oleh kaum penjajah di upayakan dibekukan atau dikondisikan agar tak dapat berkembang. Sebab bila pemerintah kolonial membebaskan tumbuh berkembangnya paham ideologi serta politik dengan lahirnya partai-partai ini adalah bumerang bagi pemerintah kolonial.

Bidang sosial budaya
Kaum federal sudah kehilangan kegunaannya menjadi pemimpin dan  pergerak masyarakat buat berjuang. Oleh karena itu di beberapa wilayah timbul huru-hara perlawanan masyarakat yang bersifat lokal menentang pungutan-pungutan pajak yang memberatkan serta bentuk-bentuk pemerasan serta penindasan.
Disamping itu, terjadi juga subordinat rasial dimana masyarakat indonesia dibagi menjadi 3 golongan sesuai keturunan serta dari usul yang mengakibatkan terjadinya tiga jenis peraturan hukum yang tidak selaras pada satu negara.