Pengertian dan Sejarah Pramuka (Singkat, Padat dan Jelas)

Apa sih pramuka itu? Bagaimana kegiatannya? Lalu pramuka itu ada sejarahnya tidak? Bagi seorang pramuka yang telah mengikuti aktivitas pramuka cukup lama, tentu saja pertanyaan pertanyaan tersebut dapat di jawab dengan gampang, bahkan pertanyaan tadi bisa pada jawab dengan sangat rinci sampai sampai orang yang bertanyapun menjadi bosan mendengarnya. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.


 1. Apa sih pramuka itu ?

Menurut saya, Pramuka itu adalah kegiatan yang menarik, menyenangkan tetapi pula mengajarkan dan mendisiplinkan. Mengapa saya menjawab seperti ini? Karena pada awalnya saya hanya orang biasa, maksud nya saya adalah orang yang pemalas, sukanya main game, senang tawuran, dan terdapat aktivitas sama sekali dan gampang sekali putus asa. Tetapi sehabis saya mengikuti pramuka, saya merasakan bahwa pramuka bisa membuat saya menjadi orang yang berguna dan bermanfaat .

Definisi Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti anak anak muda yang suka berkarya. Gerakan Pramuka sebagai organisasi nonformal tetapi diakui di seluruh global, Sehingga nama Pramuka diberbagai negara sangat beragam.

Berdirinya gerakan pramuka sampai saat ini dikarenakan menggunakan berpramuka diyakini dapat menaikkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.  Gerakan Pramuka pula bertujuan buat menciptakan karakter berdasarkan anak bangsa yang bersikap Disiplin, Mandiri, Peduli Sesama dan sebagai tokoh tauladan bagi setiap orang.  Seluruh itu tertuang dalam Kode Kehormatan anggota pramuka.

Dalam golongannya , Pramuka terdiri menurut beberapa golongan seperti :

  • Golongan Siaga
  • Golongan Penggalang
  • Golongan Penegak
  • Golongan Pandega
  • Pembantu Pembina
  • Pembina Utama
  • Pelatih Pramuka
  • Pamong Saka
  • Staf Kwartir
  • Majelis Pembimbing

2. Kegiatan apa saja sih di pramuka itu ?

Dalam berpramuka saya mengetahui banyak sekali kegiatan pada dalamnya. Kegiatan pramuka pada bagi dalam dua kategori. Kegiatan di dalam ruangan dan Kegiatan di luar ruangan .

Kegiatan di dalam ruangan misalnya menaruh materi, penyuluhan , rapat anggota. Kegiatan pada pada ruangan cenderung monoton atau membosankan karena umumnya pada dalam ruangan acapkali acapkali memperhatikan dan mendengarkan hal itu dipercaya membosankan bagi anak anak .

Kegiatan di luar ruangan sangat banyak, dan kegiatan ini pula lebih di sukai sang anak anak pramuka lantaran ruang lingkupnya yang luas segar dan alami. Kegiatan di luar ruangan pula menarik dan menyenangkan karena meliputi olah pikir, olah mental, olah tubuh, tantangan dan kolaborasi.

Kegiatan pada luar yang sering di senangi anak pramuka misalnya: Outbond, Survival, Perkemahan, Pendakian, Perlombaan dan lain lain.

3. Pramuka itu terdapat sejarahnya enggak sih ?

Sejarah Pramuka Global
Pramuka pada global pertama kali pada pelopori sang seseorang pemuda yang bernama Lord baden powell, baden powell. Lantaran riwayat hidupnya yang di penuhi perjuangan dan aneka macam pengalamannya  pada alam terbuka, Baden powell di angkat menjadi Bapak pandu pramuka Dunia ketika bersamaan dengan pada adakannya jambore pertama kali pada Dunia, Hal ini yang menjadi titik Sejarah Gerakan Pramuka.

Baden powell yang bernama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden Powell diangkat menjadi Letnan Jendral Tentara Inggris.

Pada tahun 1907 buat pertama kalinya dia mengadakan perkemahan pramuka pada pulau Brown Sea, Inggris.

Pada tahun 1908 baden powell menerbitkan sebuah buku yang berjudul " Scouting For Boys " yang berarti pramuka buat laki laki , jadi pada awalnya dia mengajarkan pramuka hanya buat laki laki. Tetapi berkat bantuan adiknya, pramuka tidak hanya buat laki laki tetapi jua untuk perempuan   .

Pada Tahun 1912, Berkat donasi adik baden powell , Agnes maka terbentuklah organisasi pramuka perempuan   yang bernama " Girls Guides"Organisasi pramuka wanita ini lalu dikembangkan sang istri beliau yakni Olave st Claire

Pada Tahun 1916, Terbentuklah pramuka untuk golongan siaga menggunakan nama CUB (anak srigala) pedoman kegiatan pramuka siaga dari buku yg diterbitkan oleh Rudyard Kipling
Buku ini menceritakan mengenai Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala

Pada Tahun 1918, dia menciptakan Golongan pramuka penegak atau Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun.

Pada Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini mendeskripsikan seseorang pemuda yang wajib  mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.

Pada Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yg pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara & dalam ketika itu Baden Powell diangkat menjadi Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World )

Sejarah Pramuka Indonesia 
Di indonesia sebelumnya nir ada penggunaan nama pramuka, karena pada saat itu pemerintah masih dipegang oleh pemerintahan

Belanda.Setelah warta berkembangnya kegiatan pramuka yang sudah dipelopori  baden powell beredar luas. Hindia Belanda pula tertarik membuat kegiatan tersebut, Pemerintah belanda memakai nama "Nederlansd Indische Padvinders Verreniging  (NIPV) atau persatuan pandu pandu hindia-belanda " pada tahun 1916. 

Namun kegiatan tersbut juga menarik perhatian tokoh tokoh nasional negeri ini, mereka mengerti bahwa dengan kegiatan & pengorganisasian tadi bisa dijadikan sebagai wadah buat memperkuat rasa nasionalisme & cinta tanah air.

Sehingga timbul bermacam-macam organisasi kepanduan diantaranya JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).Dengan adanya embargo pemerintah Hindia Belanda memakai kata Padvindery maka K.H.Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.

Dengan meningkatnya pencerahan nasional sehabis Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasikepanduan misalnya IPO, P K(Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI( Kepanduan Bangsa Indonesia )

Pada tanggal 16 september 1951diputuskan berdirinya Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) sebagai suatu federasi. Pada 1953 Ipindo berhasil sebagai anggota kepanduan sedunia

Dalam peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yg ke-10 Ipindo menyelenggarakan Jambore Nasional, bertempat pada Ragunan, pasar minggu dalam tanggal 10-20 Agustus 1955, Jakarta.

Kemudian masa kepanduan terus berkembang & istilah kepanduan berubah Menjadi GERAKAN PRAMUKA , Hari pramuka pada indonesia pada setujui dalam 14 Agustus 1961 , hal ini dari pada beberpa keputusan

Pada tanggal 9 Maret 1961 di resmikan menjadi HARI TUNAS KELAPA yang pada pertanda tangai sang Presiden RI Ir.Soekarno
Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, lepas 20 Mei 1961, mengenai Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yg ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengikuti organisasi & aktivitas kegiatan yang mempu untuk menaikkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air Salah satunya GERAKAN PRAMUKA . Terimakasih sudah membaca Pengertian pramuka dan sejarah pramuka .